jatuh dan terjatuh

Pernah dengar sepenggal lirik lagu ini
Membuatku terjatuh dan terjatuh lagi
Membuatku merasakan yang telah terjadi
Semua yang terbaik dan yang terlewati
Semua yang terhenti tanpa kuakhiri
lirik itu pernah dinyanyikan oleh ariel. Saya di sini tidak membahas masalah ariel, tetapi saya akan membahas banyaknya imbuhan ter- yang dipakai ariel dalam sepenggal lirik ini. Yang akan saya bahas di sini juga hanya satu makna imbuhan ter- saja. Sebab, ter- yang ada di lirik itu masing-masing membawa makna yang berbeda-beda. Saya ingin membahas kata terjatuh di atas dan saya akan membedakannya dengan kata jatuh.
     Kalau orang yang belajar bahasa Indonesia bertanya, ibu kapan saya memakai kata terjatuh dan jatuh, saya akan menjelaskannya seperti ini.
contoh 1: adik jatuh dari sepeda.
contoh 2: adik terjatuh dari sepeda karena kucing tiba-tiba melintas dengan cepat ke arahnya.
Apa yang berbeda dari kedua kalimat itu???
1.pada kalimat pertama tidak dijelaskan alasan adik jatuh, sementara pada kalimat kedua dijelaskan alasan
adik jatuh. 
2. kunci menjelaskannya adalah makna ter- itu sendiri, yaitu 
 a. pada kalimat kedua, ada faktor penyebab dari luar diri subjek (biasanya faktor itu menghampiri dan merugikan si subjek). Sementara pada kalimat pertama (tanpa ter-) tidak ada faktor penyebab dari luar, melainkan penyebab itu ada dari dalam diri si subjek
 b. ter- pada kalimat kedua adalah kalimat pasif, subjek mengalami kerugian yang berasal dari luar. Sementara, pada kalimat pertama subjek melakukan aktivitas, yaitu jatuh. 
Biasanya pemelajar akan bertanya, "jadi ibu, ketika saya akan memakai kata terjatuh, saya harus membuat kalimat panjang untuk menjelaskan faktor penyebabnya?"
Jawaban saya adalah..."yaaa...Anda pintar. Buatlah konteks kalimat dengan faktor penyebab dari luar diri subjek. Misalnya... Tyson terjatuh karena ditinju oleh lawannya. Saya terjatuh karena didorong oleh teman saya, ... , ..."
     Oleh karena itu jika seorang pemelajar asing ingin mengekspresikan dirinya ketika mengalami hal yang spontan, tiba tiba, dan merugikan dirinya, mereka bisa memakai imbuhan ter 

Sekadar tambahan : kata lain yang dapat dikelompokkan dalam makna ini antara lain : 
bangun & terbangun :  Saya bangun pukul 4.00 pagi y hari. 
                                      Saya terbangun ketika mendengar anak saya menangis untuk memina       
                                      susu.
diam & terdiam : sejak pagi, dia diam saja. 
                              Dia  terdiam ketika mendengar dosen yang galak memasuki kelasnya.
duduk& terduduk, tidur >< tertidur, ..., ...

     Kemudian, bagaimana dengan lirik ariel ini? Mengapa dia terjatuh? bukan jatuh 
Jawabannya adalah... baca lirik sebelumnya deh...
Kau hancurkan hatiku, hancurkan lagi
Kau hancurkan hatiku tuk melihatmu
Kau terangi jiwaku, kau redupkan lagi
Kau hancurkan hatiku tuk melihatmu
Ketemu jawabannya...siapa faktor penyebab dari luar diri subjek itu....
ya.... kau... kau... kau... kau...!!!!










  



Komentar