Saya dan Anjing

      Tadi pagi saya melihat seekor anjing liar berlari-lari di dekat kampus. Di UI, sudah biasa menemukan anjing liar berkeliaran di hutan-hutan. Hal ini sudah terjadi sejak lama dan belum pernah diberitakan membawa efek yang berbahaya bagi warga UI. Ada sih, tapi sangat jarang.
      Kalau Anda bertanya darimana anjing liar ini bisa sampai UI...jawabannya, ya karena mereka mau kuliah (hehehe jayus berat). .. Yang saya tahu ada beberapa anjing yang sengaja dibuang oleh majikannya ke UI karena diharapkan mereka bisa hidup dan mendapat makanan dari hutan atau sisa makanan kantin. Ya paling tidak mereka bisa hidup dengan damai dan sejahtera di sini. Bahkan, dulu beberapa satpam UI sengaja memelihara mereka untuk menemani mereka patroli sekitar kampus.
      Alasan saya mengangkat tulisan tentang anjing karena saya menyukai binatang ini, selain kucing tentunya. Walaupun kebanyakan orang Indonesia (muslim) tidak menyukai keberadaan anjing dengan alasan najis saya tetap menyayangi binatang ini. Waktu saya kecil, saya pernah beberapa kali memelihara anjing, untuk menjaga rumah, tetapi berhenti memelihara karena alasan kesehatan. 
      Ada satu pengalaman yang membuat saya menangis. Waktu kecil, saya tinggal di daerah perkampungan di Jakarta Selatan. Saat itu, penduduk pribumi sangat benci terhadap anjing dengan alasan ... NAJIS (benda yang kotor). Suatu ketika seekor anjing kecil berwarna hitam tersasar di daerah kami dan bersembunyi di halaman rumah saya. Mereka menonton si anjing dan sebagian ada  yang menyambiti anjing itu sampai si anjing ketakutan. Bahkan, ada seorang bapak membawa sebuah golok panjang. Ketika itu saya menangis dan meminta bantuan ke papi saya untuk melindungi anjing itu. Kemudian, papi saya mencoba berkomunikasi dengan penduduk di situ bahwa akan membawa anjing itu ke kantornya. Mungkin ada yang mau mengadopsi anjing itu. Akhirnya, anjing itu selamat dan selama beberapa hari saya belajar bahwa orang-orang di sekitar saya benci terhadap anjing.
      Sebenarnya, liur anjing atau anjing itu sendiri najis bagi kaum muslim. Ada banyak larangan dan penelitian yang masuk akal terhadapnya (silakan baca dalam artikel lain). Akan tetapi,  hal yang sangat saya sayangkan adalah persepsi masyarakat (muslim) kita terhadap anjing.  Mungkin banyak yang berpikir bahwa apa yang najis harus dibenci! Mereka tidak melihat sisi manfaat dari keberadaan binatang ini. Setiap ajaran yang diberikan atau didapatkan mungkin diterima secara mentah tanpa pengolahan lebih lanjut. Contohnya, ya anjing ini. Padahal apa yang Najis tidak identik dengan Membenci. 
       Namun, saya membebaskan orang lain berpikir dan bersikap beda dengan saya. Saya tetap menyukai anjing dan tidak membencinya walaupun itu najis .
Salam gukguk.

Komentar

  1. NYABIL KAYU Dr Kasugihan HERBAL MEDICINE MEMBANGKAN AKU DAPATKAN KIDUNG AKU 3 TAHUN HERPES Sampurasun sadayana, am ti Texas Amérika Serikat anu kaserang panyawat (HERPES) saprak taun 2015 sareng ngalaman nyeri konstan, khususna dina tuur kuring. Salila taun kahiji, kuring iman ka Gusti yén kuring bakal disageurkeun sakedik waé. Panyawat ieu mimiti sumebar di sakumna awak kuring sareng kuring parantos dirawat ku dokter, sababaraha minggu ka tukang kuring milarian dina internet lamun kuring tiasa mendakan naon waé inpormasi ngeunaan pencegahan panyakit ieu, dina milarian kuring ningali kasaksian ngeunaan jalma anu parantos aya tina panyawat (Hepatitis B sareng Kanker) ku Pimpinan Manusia Dr Harta ieu sareng anjeunna ogé masihan alamat email tina jalma ieu sareng mamatahan kami kudu ngahubungan anjeunna pikeun naon waé panyawat anu anjeunna bakal ngabantosan, janten kuring nyerat ka Kapala Dr Harta anu nyaritakeun anjeunna ngeunaan kuring (HERPES Virus) anjeunna ngawartoskeun kuring henteu hariwang yén kuring bakal diubaran !! hmm kuring henteu percanten deui ,, saatosna ogé prosedur sareng ubar anu dipasihkeun ku abdi ieu sababaraha minggu ka hareup kuring mimiti ngalaman parobahan sadayana kuring salaku Dokter ngajamin yén kuring parantos diubaran, saatos sababaraha waktos kuring angkat ka dokter kuring ka dikonfirmasi upami kuring tungtungna tiasa sembuh kasihatan éta BENAR, Janten babaturan kuring mamatahan nyaéta, upami anjeun ngagaduhan panyawat sapertos anu sanés sapertos hépatitis A, B, C, CANCER, HPV, HIV / AIDS, DIABETES 1 AND 2, PENIS MASALAH, PEMBANGUNAN DARAH DENGAN, EKLUKAN LUKU, PELUPUSAN PENIS DAN SUKU deui ....... anjeun tiasa ngirimkeun email ka> (wealthylovespell@gmail.com) atanapi nyauran sareng Whats App anjeunna dina +2348105150446, kuring nganuhunkeun pisan pikeun bantosan na. abdi bakal salawasna nyarankeun anjeun ka réréncangan !!! Hatur nuhun.

    BalasHapus

Posting Komentar