ORANG ASING, TIDAK (SELALU) KAYA

Kemarin, ketika saya masuk ke dalam kelas seorang peserta saya yang berasal dari Korea Selatan mengeluh kepada saya. Dia berkata bahwa dia merasa dibohongi oleh seorang dokter. Pada hari Rabu, Ibu ini pergi ke dokter gigi di kawasan Jakarta. Dia ingin membersihkan karang giginya. Namun, si dokter berbicara bahwa ibu ini memiliki beberapa lubang kecil di gigi sehingga si dokter menawarkan untuk menambalnya. Si Ibu ini mengiyakan tawaran si dokter tanpa menanyakan harganya. Setelah proses selesai, si dokter gigi mengatakan biaya keseluruhannya adalah 3 JUTA 5 RATUS RIBU RUPIAH. Dia terkejut dan merasa ditipu. Namun, dokter itu menjelaskan bahwa ada 10 gigi yang berlubang (kecil saja) dan biaya tambalnya adalah 250ribu/gigi. Ditambah lagi biaya pembersihan karang gigi 1juta rupiah. Saya sangat terkejut mendengar hal ini. Apakah benar biaya dokter gigi bisa semahal itu? Dokter gigi kosmetik pun mengenakan biaya pemasangan kawat gigi mungkin harganya 3jutaan.
Akhirnya, saya menyarankan si ibu ini untuk mengirim surat keluhan ke koran atau majalah. Saya berjanji akan membantunya.
Hal seperti di atas itu tidak terjadi sekali atau dua kali. Saya sering mendengar keluhan seperti ini dari mereka. Misalnya para sopir taksi yang tidak mengembalikan sisa ongkos mereka. Para polisi yang menilang mereka dengan tebusan yang tidak murah, sampai pada tukang angkut di bandara atau terminal.
Sebenarnya, saya merasa malu terhadap karakter orang-orang seperti ini. Orang Indonesia dikenal ramah dan suka membantu, tetapi mengapa ada orang-orang Indonesia yang memiliki pemikiran untuk mengambil untung seperti itu apalagi terhadap orang asing yang tinggal di Indonesia. Bahkan untuk seseorang dengan profesi seperti dokter, memalukan sekali!
Sekadar informasi saja, tidak selamanya orang asing yang berada di Indonesia ada di tingkat ekonomi yang kaya.

Mereka yang sering ke luar negeri pernah mengatakan bahwa di negara lain, mereka mendapat perlakuan yang sama dengan penduduk asli di sana. Dalam artian, mereka tidak dibedakan dengan penduduk setempat ketika membayar jasa atau barang yang mereka pakai/beli.
Sebagai orang Indonesia, saya malu dengan sikap yang mengambil keuntungan dengan cara seperti itu. Ingatlah kita bangsa yang dikenal ramah dan suka membatu, bukan bangsa yang suka mencuri atau mengambil keuntungan dari orang yang membutuhkan.
Semoga tulisan saya ini menjadi perenungan bagi orang-orang yang menganggap dirinya orang Indonesia.

Komentar

  1. NYABIL KAYU Dr Kasugihan HERBAL MEDICINE MEMBANGKAN AKU DAPATKAN KIDUNG AKU 3 TAHUN HERPES Sampurasun sadayana, am ti Texas Amérika Serikat anu kaserang panyawat (HERPES) saprak taun 2015 sareng ngalaman nyeri konstan, khususna dina tuur kuring. Salila taun kahiji, kuring iman ka Gusti yén kuring bakal disageurkeun sakedik waé. Panyawat ieu mimiti sumebar di sakumna awak kuring sareng kuring parantos dirawat ku dokter, sababaraha minggu ka tukang kuring milarian dina internet lamun kuring tiasa mendakan naon waé inpormasi ngeunaan pencegahan panyakit ieu, dina milarian kuring ningali kasaksian ngeunaan jalma anu parantos aya tina panyawat (Hepatitis B sareng Kanker) ku Pimpinan Manusia Dr Harta ieu sareng anjeunna ogé masihan alamat email tina jalma ieu sareng mamatahan kami kudu ngahubungan anjeunna pikeun naon waé panyawat anu anjeunna bakal ngabantosan, janten kuring nyerat ka Kapala Dr Harta anu nyaritakeun anjeunna ngeunaan kuring (HERPES Virus) anjeunna ngawartoskeun kuring henteu hariwang yén kuring bakal diubaran !! hmm kuring henteu percanten deui ,, saatosna ogé prosedur sareng ubar anu dipasihkeun ku abdi ieu sababaraha minggu ka hareup kuring mimiti ngalaman parobahan sadayana kuring salaku Dokter ngajamin yén kuring parantos diubaran, saatos sababaraha waktos kuring angkat ka dokter kuring ka dikonfirmasi upami kuring tungtungna tiasa sembuh kasihatan éta BENAR, Janten babaturan kuring mamatahan nyaéta, upami anjeun ngagaduhan panyawat sapertos anu sanés sapertos hépatitis A, B, C, CANCER, HPV, HIV / AIDS, DIABETES 1 AND 2, PENIS MASALAH, PEMBANGUNAN DARAH DENGAN, EKLUKAN LUKU, PELUPUSAN PENIS DAN SUKU deui ....... anjeun tiasa ngirimkeun email ka> (wealthylovespell@gmail.com) atanapi nyauran sareng Whats App anjeunna dina +2348105150446, kuring nganuhunkeun pisan pikeun bantosan na. abdi bakal salawasna nyarankeun anjeun ka réréncangan !!! Hatur nuhun.

    BalasHapus

Posting Komentar