berbagi atau bertukar (suami)

kata berbagi dan bertukar memiliki kesamaan struktur, yaitu saling. Misalnya dalam kalimat berikut
1. Saya dan Mirna berbagi kue.
2. Saya dan Mirna bertukar kue.
Kedua kata ini memiliki kemiripan, tetapi berdasarkan makna, kata ini sedikit berbeda.
Pada kalimat pertama, maksudnya adalah saya memiliki kue, tetapi Mirna tidak. Kemudian, saya memotongnya untuk Mirna sehingga saya dan mirna saling memiliki kue. Contok kata lain adalah berbagi rezeki, pengetahuan, pengalaman.
Sementara itu, pada kalimat kedua, Saya memiliki kue. Mirna memiliki kue. Namun, kue saya dan kue Mirna berbeda. Mungkin saya membawa kue blackforest, sedangkan Mirna membawa kue tiramisu sehingga kami pun bertukar. Sekarang, Mirna memiliki blackforest dan saya memiliki Tiramisu. Mudah sekali kan mengajarkannya.
Contoh yang terkadang membuat pemelajar tertawa adalah kata berikut ini
bertukar suami (dengan kata lain swinger) dan berbagi suami (dengan kata lain poligami). Kedua hal ini terjadi di Indonesia :-)


Komentar