pola balikan ketiga

hai teman-teman... pola balikan ketiga ini disebut sebagai balikan metalinguistik. Kata metalinguistik ini mempunyai arti yang lain dalam bidang pengajaran bahasa. Namun, dalam bidang balikan pengajaran, ini hanya nama saja. Jadi, apa dan bagaimana cara memberikan balikan ini? Metalinguistik ini merupakan petunjuk negatif yang diberikan pengajar ketika berkomunikasi dengan pemelajarnya. Balikan metalinguistik ini berbentuk balikan yang menjelaskan langsung kealamian kesalahan bahasa tersebut. Misalnya:
Pemelajar : Pemerintah harus membataskan jumlah kendaraan yang ada di Jakarta.
Pengajar : membataskan? me-kan? atau me-i? Coba Anda buka kembali buku Anda tentang hukum me-i dan me-kan.

Sebenarnya, balikan ini juga muncul dalam pengajaran menulis. Bentuk balikan dalam pengajaran menulis dapat berupa simbol-simbol koreksi, misalnya simbol E untuk salah ejaan, K untuk kesalahan kata, konj. untuk kesalahan konjungsi dan lain-lain.

Keuntungan adanya balikan ini dalam berbicara adalah, pemelajar diingatkan kembali aturan bahasa yang baik dan benar. Ahli pengajaran bahasa yang pernah melakukan penelitian dari balikan ini salah satunya adalah Bapak Rod Ellis. Dia mengatakan bahwa balikan ini mengingatkan pemelajar terhadap aturan-aturan bahasa yang telah dipelajari. Selain itu, balikan yang memajankan terus aturan bahasa, akan membuat pemelajar sadar dan ingat sehingga membuat bahasa yang mereka ujarkan dan tulis menjadi akurat.
Sekian dari saya. Nanti, saya akan menulis balikan lainnya yang bermanfaat dalam pengajaran bahasa.

Komentar