Indonesia bukan RI

Hari ini saya mengajar seorang mahasiswa dari Korea Selatan. Dia berkata kepada saya, "Ibu, mengapa orang Indonesia menyebut negaranya RI. Mengapa tidak Indonesia saja. Saya melihat orang Korea tidak pernah menyebut negaranya RK, kami selalu memakai kata Republik Korea Selatan. Kenapa orang Indonesia tidak bangga kepada nama Indonesia? Nama negara Indonesia itu hanya satu dan unik sekali." Kemudian, saya menjawab..." Anda lihat tulisan itu di mana? Dia menjawab.."Saya membaca di koran2, majalah, dan TV." Lalu dia berkata,"Presiden Amerika tidak pernah menyebut negaranya USA selalu dengan United States Of America"...Saya berkata lagi, dari sudut jurnalistik kata RI itu lebih sedikit hurufnya daripada Indonesia, hal itu diukur dari jumlah huruf dalam satu kolom yang mahal harganya. Namun, dia tidak puas dengan jawaban saya. Dia berkata lagi, "tidak! Seharusnya Indonesia bangga dengan negaranya, jika Indonesia ingin merasa bangga tulis saja Malaysia ...terhadap Indonesia...bukan Malaysia... terhadap RI. Saya berpikir kata RI seperti tidak ada kekuatan di sana. Tolong ibu beritahukan kepada teman-teman Anda tentang hal ini." Setelah itu saya tersenyum... Oke Pak, Mari kita budayakan memakai kata Indonesia bukan lagi RI... :-)

Komentar